Manfaat Minyak Kelapa Yang Penting Untuk Rambut

Jika Anda mencari solusi untuk rambut lembut dan berkilau, cobalah meraih sebotol minyak kelapa. Cocok untuk hampir semua jenis rambut, minyak alami ini dikemas dengan asam lemak yang dapat membantu memperbaiki kerusakan sehari-hari, meningkatkan tekstur, dan memulihkan kesehatan dan menyinari rambut Anda.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Rambut yang sehat tergantung pada protein, yang merupakan komponen utama rambut Anda.

Namun, proses kimia seperti pewarnaan dan pewarnaan dan bahkan kegiatan sehari-hari seperti mencuci dan menata rambut dapat merusak protein dan mendatangkan malapetaka pada rambut Anda. Ada beberapa bukti bahwa asam laurat (sejenis lemak jenuh yang melimpah dalam minyak kelapa) dapat bermanfaat bagi rambut Anda dengan melindungi dari kehilangan protein.

Dalam sebuah laporan tahun 2015 yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology, misalnya, para peneliti meninjau sejumlah studi yang menguji efek minyak nabati terhadap rambut manusia. Penulis laporan mencatat bahwa minyak kelapa “memiliki afinitas tinggi terhadap protein rambut” dan kemampuan unik untuk menembus ke batang rambut. Penetrasi ini sangat penting untuk membatasi jumlah air yang diserap ke rambut Anda, faktor kunci dalam kerusakan rambut sehari-hari.

Selain itu, salah satu studi yang ditinjau menentukan bahwa minyak kelapa adalah satu-satunya minyak yang mampu mengurangi kehilangan protein untuk rambut yang tidak rusak dan rusak ketika digunakan sebagai produk perawatan pra-cuci dan pasca-cuci.

Penelitian ini juga mengukur efek minyak mineral dan minyak bunga matahari pada rambut.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa dalam Perawatan Rambut

Meskipun cukup ringan, minyak kelapa dapat menimbang rambut Anda ke bawah atau menyebabkan penampilan yang kusam dan berminyak bila digunakan secara berlebihan. Untuk menghindari penumpukan, mulailah dengan jumlah sedikit atau tidak lebih dari satu sendok teh dan pijat minyak dengan lembut melalui rambut Anda, mulai dari bagian tengah dan terus sampai ke ujung.

Untuk hasil terbaik, beberapa ahli perawatan rambut menyarankan untuk menggunakan minyak kelapa sekitar dua hingga tiga kali seminggu. Dikatakan bahwa penggunaan minyak kelapa secara teratur dapat secara bertahap meningkatkan tekstur rambut Anda, mengurangi kekeringan, dan melawan rambut kusut.

Beberapa orang menemukan bahwa mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit kepala dapat mengurangi kekeringan, tetapi yang lain kesulitan dengan masalah seperti iritasi dan pori-pori yang tersumbat. Jika Anda belum pernah menggunakan minyak kelapa di kulit kepala Anda, berhati-hatilah dengan memulai dengan jumlah yang sangat sedikit.

4 Cara Mudah Menggunakan Minyak Kelapa dalam Perawatan Rambut

Salah satu minyak perawatan rambut paling serbaguna di sekitar, minyak kelapa dapat bekerja dengan luar biasa sebagai perawatan pra-sampo, kondisioner, alat styling, atau masker. Berikut ini empat cara sederhana untuk merevitalisasi rutinitas perawatan rambut Anda dengan minyak kelapa:

  • Sebagai pelindung pra-cuci. Saat diaplikasikan sebelum keramas, minyak kelapa dapat menghentikan rambut Anda dari terlalu banyak menyerap air (dan, pada gilirannya, mencegah kerusakan dan kekeringan). Coba oleskan minyak kelapa sekitar 15 hingga 30 menit sebelum Anda mencuci, dengan fokus pada bagian tengah dan ujung rambut Anda.
  • Sebagai kondisioner. Seperti halnya kondisioner yang baik, minyak kelapa dapat membantu memperkuat batang rambut dan mencegah kerusakan. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti kondisioner standar, atau cukup tambahkan beberapa tetes minyak ke kondisioner Anda yang biasa untuk meningkatkan kekuatan penghalusannya.
  • Sebagai bantuan styling. Setetes minyak kelapa bisa sangat membantu dalam penjinakan keriting. Untuk penyerapan yang lebih mudah dan gaya yang optimal, pastikan oleskan ke rambut yang lembab.
  • Sebagai masker rambut. Untuk perawatan rambut yang sangat bergizi, pijat satu atau dua sendok teh melalui rambut Anda dan biarkan ia bekerja dengan keajaiban pelembut rambut. Anda dapat mencuci minyak setelah beberapa jam, atau biarkan semalaman untuk rambut yang sangat kering atau rusak.

Apakah Minyak Kelapa Tepat untuk Jenis Rambut Saya?

Sementara minyak kelapa dapat menguntungkan semua jenis rambut terutama rambut kering, rusak, atau diwarnai ada beberapa kekhawatiran bahwa penggunaan berulang minyak kelapa dapat menyebabkan kekakuan pada mereka yang memiliki tekstur rambut kasar.

Lebih Banyak Tips Menggunakan Minyak Kelapa dalam Perawatan Rambut

Berikut beberapa petunjuk bermanfaat untuk memanfaatkan minyak kelapa secara maksimal dalam program perawatan rambut Anda:

  • Saat berbelanja untuk minyak kelapa, pilih varietas yang tidak dimurnikan dan jika mungkin pilih produk organik, yang dipanen secara berkelanjutan.
  • Jika minyak kelapa Anda telah mengeras, cukup lelehkan minyak dengan menempatkan sedikit di telapak tangan Anda dan gosokkan kedua tangan Anda menjadi satu.
  • Ketika tiba saatnya untuk menghilangkan minyak kelapa dari rambut Anda, perlu diingat bahwa aplikasi sampo kedua mungkin diperlukan untuk sepenuhnya menghilangkan minyak.
  • Untuk manfaat kecantikan ekstra, tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau peppermint ke minyak kelapa Anda. Anda juga bisa mencampurkan minyak kelapa dengan bahan-bahan alami bergizi rambut seperti yogurt, madu, alpukat, atau jus lemon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *