Mengapa Beberapa Pria Mengalami Kebotakan

Menjadi botak adalah fakta kehidupan bagi jutaan pria. Orang dewasa kehilangan sekitar 10.000 rambut kulit kepala setiap hari. Rambut biasanya hidup selama sekitar lima tahun. Dengan pola kebotakan pria, rambut-rambut ini tidak selalu diganti dan sedikit demi sedikit area botak muncul. Namun, proses ini bisa memakan waktu yang lama dan usia ketika Anda mulai kehilangan rambut tidak selalu memberikan petunjuk berapa lama akan sampai Anda mendefinisikan diri Anda botak.

Kerontokan Rambut Normal

Ada sejumlah alasan mengapa pria mulai menjadi botak, tetapi jika Anda pria berusia antara 20 hingga 45 tahun dan Anda mulai kehilangan rambut kulit kepala, maka kemungkinannya adalah 95 persen yakin bahwa Anda mengalami kebotakan pola pria. Seperti yang disarankan oleh istilah itu, kebotakan pola pria mengikuti urutan atau pola yang khas. Rambut rontok dapat mulai di daerah yang berbeda tetapi biasanya di pelipis dan / atau di mahkota kepala. Penipisan awal rambut terjadi selama beberapa tahun dan dapat menyebabkan kebotakan total, tetapi biasanya rambut rontok pada permukaan atas kepala.

Penyebab Pola Kebotakan Pria

Kebanyakan pria secara genetik cenderung mengalami kebotakan pola pria. Ini adalah efek hormon pada folikel rambut yang menghasilkan pola kebotakan pria. Testosteron, hormon yang hadir dalam kadar tinggi pada pria setelah pubertas, diubah menjadi dihidrotestosteron (DHT) oleh enzim yang disebut 5-alpha reductase. DHT memiliki efek buruk pada folikel rambut. Bertindak pada reseptor hormon pada folikel rambut memperlambat produksi rambut dan menghasilkan rambut yang lebih pendek dan lemah, kadang-kadang menghentikan pertumbuhan rambut dari folikel sepenuhnya. Proses ini secara bertahap menghabiskan stok rambut Anda dan kerontokan rambut normal.

Transplantasi Rambut

Kebotakan pria dapat diobati dengan operasi transplantasi rambut. Selama 10 hingga 15 tahun terakhir, transplantasi rambut telah maju dalam dua cara utama. Pertama, lebih banyak orang sekarang kandidat untuk prosedur ini. Kedua, hasilnya terlihat lebih alami.

Hasil transplantasi rambut juga tergantung dokter bedah. Dengan kata lain, ahli bedah dengan lebih banyak pengalaman, keterampilan, dan kesabaran lebih baik dalam transplantasi rambut.

Siapa pun yang mempertimbangkan transplantasi rambut harus ingat bahwa ada batasan untuk apa yang bisa dilakukan prosedur ini. Transplantasi rambut tidak bisa membuat rambut Anda terlihat seperti dulu. Namun demikian, operasi ini dapat meningkatkan penampilan Anda, dan banyak orang puas dengan hasilnya.

Sebelum Anda menerima transplantasi rambut, dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda mencoba Minoxidil (finasteride) jika Anda belum melakukannya. Obat ini telah terbukti mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut pada beberapa orang.

Rambut rontok, Apakah ini Penyakit

Pergi ke dokter jika Anda kehilangan rambut tiba-tiba. Jika rambut Anda rontok atau cukup signifikan sehingga Anda melihat sejumlah besar kerontokan di bantal, menutupi bagian belakang pakaian Anda atau ketika Anda mencuci rambut Anda. Jenis rambut rontok ini tidak mewakili kebotakan pria yang khas, tetapi memang membutuhkan diagnosis. Jangan khawatir. Kerontokan rambut dapat terjadi karena sejumlah alasan dan seringkali dapat diobati dengan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *