Kenapa Anda Harus Kering Saat Menyikat Kulit Anda

Menyikat kulit dengan kering ini kedengaran hal yang sangat sederhana. Sikat yang keras dan tersapu kulit mulai dari ujung jari kaki hingga kepala. Ini disebut menyikat “kering” karena Anda tidak menggosok kulit saat mandi. Kulit dan sikat Anda harus benar-benar kering (meskipun beberapa orang mengoleskan minyak tubuh pada sikat sebelum menggunakan).

Sementara menyikat kering adalah tren yang relatif baru saat ini, sebenarnya memiliki akar di zaman kuno. Ini umum dalam pengobatan Ayurvedic di berbagai banyak budaya, termasuk orang Yunani kuno dan Jepang, telah menggunakan cara menyikat kulit untuk membersihkan dan mempercantik kulit.

Menyikat kering kadang-kadang dilakukan sebagai bagian dari paket perawatan tubuh di tempat spa, tetapi ini juga merupakan perawatan yang sangat sederhana yang dapat Anda nikmati di rumah untuk mendapatkan manfaatnya. Yang Anda butuhkan adalah sikat tubuh, yang relatif murah, dan beberapa menit.

Manfaat Menyikat Hingga Kering

Belum ada penelitian formal yang dilakukan pada menyikat kering dan efeknya pada kulit atau sistem tubuh. Tetapi para ahli sepakat bahwa menyikat gigi kering memang memiliki manfaatnya. Inilah yang kita ketahui.

Ini pengelupasan kulit
Menyikat kering mengelupas kulit seperti lulur tubuh yang lebih umum digunakan, melalui pengelupasan fisik. Bulu sikat secara manual menyapu sel-sel kulit kusam, kasar, dan terkelupas. Setelah sesi menyikat kering, kulit Anda akan terasa lebih lembut dan halus.

Ini Dapat Meningkatkan Sirkulasi

Menyikat dengan cepat merangsang sirkulasi. Kulit daun tampak lebih bercahaya, meski sementara.

Dapat menyegarkan dan memberi energi

Mungkin sirkulasi yang meningkat, mungkin hanya beberapa menit tambahan yang memanjakan diri dalam ritual perawatan diri, tetapi kebanyakan orang merasa segar dan bersemangat setelah sesi sikat kering. Dan tidak dapat disangkal bahwa menyikat kering hanya terasa enak di kulit (jika tidak, Anda mungkin menyikat terlalu keras, tetapi lebih pada itu nanti).

Mitos Menyikat Kering

Sekali lagi, ada sedikit atau tidak ada penelitian yang dilakukan pada menyikat kering dan kulit. Apa yang kita ketahui tentang menyikat kering dari menyatukan apa yang kita ketahui tentang cara kerja sistem kulit dan tubuh.

Sebagai aturan, tidak ada bukti bahwa menyikat gigi melakukan salah satu dari yang berikut:

Merangsang Sistem Limfatik

Sistem limfatik adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda. Tugasnya adalah mengalirkan cairan dan membawa cairan bening yang disebut getah bening ke seluruh tubuh Anda melalui jaringan pembuluh. Beberapa mengklaim bahwa menyikat kering dapat merangsang getah bening yang lesu. Tidak ada penelitian untuk membuktikan ini, dan sementara itu mungkin itu tidak mungkin. Meskipun hal-hal seperti pijat drainase limfatik manual memiliki manfaat, menyikat gigi sepertinya tidak akan memiliki efek yang sama.

Hilangkan Racun atau Detoksifikasi Tubuh

“Menghilangkan racun” telah menjadi frase buzz akhir-akhir ini. Juicing, yoga panas, dan ya, menyikat kering, semuanya seharusnya mendetoksifikasi tubuh Anda. Kulit mungkin merupakan organ tubuh terbesar Anda, tetapi itu bukan organ detoksifikasi tubuh terbesar. Perbedaan itu milik hati Anda, dengan ginjal menjadi runner-up. Sayangnya, Anda tidak bisa menyapu racun keluar dari tubuh.

Pencernaan bantuan

Kulit tidak terikat dengan sistem pencernaan Anda, jadi setiap menyikat kulit tidak akan membantu pencernaan. Memijat perut dengan lembut dapat membantu mengatasi konstipasi ringan, jadi menyikat perut Anda secara teori bisa membantu meringankan masalah ini. Namun secara umum, ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan pencernaan Anda.

Menyeimbangkan Lemak

Peningkatan sirkulasi membuat kulit menjadi gemuk, membuat selulit terlihat kurang jelas. Tapi itu hanya perbaikan sementara; menyikat kering tidak benar-benar mengurangi selulit secara permanen. Tetapi jika selulit terlihat lebih baik bagi Anda setelah sesi menyikat kering, itu luar biasa. Sejauh menyeimbangkan atau mendistribusikan kembali lemak, menyikat kering tidak bisa melakukannya.

Kemungkinan Kelemahan

Dalam kebanyakan kasus, menyikat kering adalah hal yang sangat aman untuk dilakukan. Namun, sebelum Anda mulai menyikat kulit, ada beberapa hal yang perlu diingat.

Itu Dapat Mengiritasi Kulit

Efek samping paling umum dari menyikat kering adalah kulit yang teriritasi. Ini lebih mungkin terjadi jika Anda menyikat terlalu keras, menyikat terlalu sering, atau jika kulit Anda sangat sensitif. Walaupun kulit Anda mungkin agak merah muda setelah sesi, Anda pasti tidak ingin melihat kemerahan atau lecet pada kulit. Kulit Anda juga tidak boleh terbakar atau menyengat. Menyikat kering harus terasa enak; jika tidak, Anda terlalu agresif.

Itu Dapat Mengeringkan Kulit Anda

Menyikat kering bisa membuat kulit Anda terasa kering. Sangat penting untuk menggunakan beberapa jenis produk pelembab setelah sesi sikat kering Anda untuk mencegah kekeringan.

Ini Tidak Tepat untuk Semua Orang

Jangan pernah mengeringkan eksim, psoriasis, ruam, luka, terbakar sinar matahari, atau iritasi. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, Anda mungkin ingin melewatkan menyikat kering sama sekali. Dalam kasus apa pun, jika kulit Anda tampak teriritasi oleh rutinitas sikat kering yang baru Anda temukan, kurangi frekuensinya atau hentikan sama sekali menyikat.

Memilih Brush yang Tepat

Hal yang menyenangkan tentang menyikat kering adalah Anda tidak perlu banyak persiapan, cukup dengan sikat. Dan karena menyikat kering telah menjadi sangat populer, sikat mudah ditemukan. Cobalah toko makanan kesehatan atau kecantikan setempat, atau cari online. Sikat terkadang dijual di toko-toko kotak besar di lorong perawatan kulit juga.

Kebanyakan ahli sikat kering merekomendasikan sikat bulu alami. Ini terbuat dari sumber tanaman seperti rami, sisal, bahkan serat kaktus.

Sikat dengan pegangan yang panjang memudahkan menjangkau area yang canggung seperti bagian belakang, di belakang bahu, dan bagian belakang kaki. Sikat kecil yang pas di telapak tangan Anda tidak terlalu sulit digunakan. Beberapa kuas menawarkan yang terbaik dari kedua dunia dengan pegangan yang dapat dilepas. Lihat beberapa gaya untuk melihat apa yang menarik bagi Anda.

Jangan tergoda untuk membeli sikat dengan bulu yang keras dan kaku. Bulu lebih kencang tidak berarti menyikat kering yang lebih baik. Jika terasa seperti Anda menjalankan pembersih panggangan kawat di kulit Anda, dapatkan sikat yang berbeda. Kuas Anda tidak boleh meninggalkan bekas merah atau mengikis kulit, tetapi harus terasa enak.

Untuk wajah, berhati-hatilah dalam memilih kuas. Kuas yang Anda gunakan untuk tubuh Anda tidak akan berfungsi untuk wajah. Sebagai gantinya, Anda akan membutuhkan kuas yang lebih kecil dengan bulu yang lebih lembut. Jika kuas berbulu halus terlalu kasar untuk wajah Anda, pertimbangkan untuk menggunakan kain lembut.

Jaga kebersihan sikat dengan membersihkannya sesekali. Ikuti instruksi pembersihan yang menyertai kuas Anda. Kalau tidak, Anda bisa mencuci bulunya dengan sabun lembut, bilas bersih, dan biarkan kering. Pilihan lain adalah membasahi kain dengan alkohol dan menggosok bulu untuk membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *