Apakah Mungkin Untuk Mengecilkan Pori-pori Besar?

Pori-pori besar adalah keluhan perawatan kulit yang sangat umum, peringkat di sana dengan jerawat dan kulit yang menua. Sementara mereka benar-benar masalah kosmetik, pori-pori besar masih mengganggu.

Apa yang bisa, secara realistis, dilakukan untuk mengecilkan pori-pori besar? Inilah mengapa mereka berkembang, dan beberapa cara terbaik untuk mendapatkan pori-pori yang tampak lebih kecil.

Bisakah Anda Menutup Pori-Pori Besar?

Secara teknis, tidak. Anda tidak bisa menutup pori-pori besar. Pori-pori, sayangnya, tidak seperti pintu. Mereka tidak membuka dan menutup.

Ukuran pori sangat ditentukan oleh genetika. Sama seperti beberapa orang memiliki mata biru dan yang lain memiliki warna coklat, beberapa orang memiliki pori-pori kecil sementara yang lain berukuran besar.

Meskipun tampaknya hanya ada di sana untuk membuat Anda gila, pori-pori sebenarnya memainkan peran penting dalam kesehatan kulit Anda. Mereka memungkinkan sebum, yang merupakan minyak yang membuat kulit Anda dilumasi, untuk melakukan perjalanan dari kelenjar sebaceous ke permukaan kulit Anda.

Jadi, Anda benar-benar tidak ingin pori-pori Anda menutup sepenuhnya. Kalau tidak, kulit Anda akan benar-benar kering. (Tapi membuat mereka terlihat sedikit lebih kecil akan menyenangkan.)

Jika Anda memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar Anda akan memperhatikan pori-pori Anda. Yang berarti orang dengan kulit berminyak jauh lebih cenderung ingin mengecilkannya.

Tidakkah Mengecilkan Pori-Pori dan Membukanya Dengan Panas?

Tetapi bagaimana dengan “air panas untuk membuka pori-pori, air dingin untuk menutupnya” saran? Maaf, itu sebenarnya mitos. Semua air di dunia tidak akan membuat pori-pori kecil menjadi besar, atau pori-pori besar menjadi kecil.

Panas mengembang dan melebarkan lubang pori sedikit, sehingga membuat pori-pori terlihat lebih besar. Dingin memiliki efek sebaliknya; itu menyebabkan pembukaan pori mengerut. Ini membuat pori-pori terlihat lebih kencang dan lebih kecil.

Kedua efek tersebut hanya bersifat sementara. Setelah beberapa menit, kulit kembali ke suhu normal dan demikian juga ukuran pori Anda.

Sementara handuk panas, air hangat, mengukus tidak akan “membuka” pori-pori Anda, itu bisa melunakkan sumbat minyak yang terperangkap di dalamnya. Inilah mengapa estetika Anda akan mengukus wajah Anda sebelum mengeluarkan komedo. Mengukus melunakkan steker, yang disebut inti comedonal. Ini, ditambah dengan panas melebarkan lubang pori, membuat penyumbatan lebih mudah didorong dari pori.

Air panas tidak diperlukan untuk menjaga pori-pori tetap bersih, seperti halnya air dingin tidak diperlukan untuk “menutup” pori-pori Anda. Pori-pori Anda tetap menjadi ukuran yang seharusnya, meskipun suhu air yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah Anda.

Bahkan, mencuci wajah Anda dengan air yang terlalu panas bisa lebih berbahaya daripada manfaatnya. Air yang terlalu panas dapat mengiritasi kulit Anda, membuat kapiler yang membesar dan noda yang meradang terlihat lebih merah dan jelas. Suhu terbaik untuk mencuci adalah nyaman hangat, tidak panas.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Tentang Pori-pori Besar?

Tidak ada cara untuk mengubah ukuran pori Anda secara permanen. Tetapi sementara Anda tidak bisa mengecilkan pori-pori besar, Anda bisa membuatnya tampak lebih kecil.

Terlepas dari semua klaim dan janji-janji mereka yang indah, toner, pembersih, atau produk perawatan kulit lainnya tidak dapat menutup pori-pori Anda. Banyak buku kecantikan, artikel majalah dan sejenisnya mengabadikan mitos ini.

Tetapi faktanya, produk-produk ini tidak “menutup” atau mengecilkan pori-pori Anda sama sekali. Tidak ada produk perawatan kulit di alam semesta yang dapat mengubah struktur sebenarnya dari pori-pori kulit Anda.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa produk-produk ini tidak berguna. Sementara produk meminimalkan pori tidak secara fisik mengubah ukuran pori-pori Anda, mereka dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil. bagaimana mereka melakukan ini? Dengan pengelupasan kulit, membersihkan sel-sel kulit mati dan minyak dari pori-pori.

Ketika kusam, sel-sel kulit mati dihilangkan, ia meninggalkan permukaan kulit tampak lebih cerah, lebih halus, dan lebih merata. Kulit Anda akan terasa lebih lembut juga.

Manfaat terbesar dari meminimalkan produk pori-pori, dan salah satu yang melakukan paling baik sejauh penampilan pori yang bersangkutan, adalah menjaga pori-pori dibersihkan dari penyumbatan. Ketika pori-pori Anda dipenuhi dengan puing-puing minyak dan seluler, itu dapat “meregangkan” lubang pori. Ini membuat pori-pori terlihat jauh lebih besar.

Pori-pori yang dibersihkan dari komedo dan penyumbatan akan terlihat kurang jelas, karena pori-pori kembali ke ukuran normal. Jadi, sementara ini merupakan perbaikan sementara (ingat, produk tidak dapat mengubah struktur pori-pori Anda) mereka tetap dapat memberi Anda hasil yang Anda cari.

Beberapa bahan yang harus dicari adalah asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat, atau retinol. Retinoid topikal resep juga digunakan untuk merawat pori-pori besar.

Mengupas pori juga dapat melakukan trik. Mereka membantu menghilangkan bagian paling atas dari komedo, membuat pori-pori terbuka jelas. Strip pori tidak akan mengekstraksi seluruh penyumbatan dari pori-pori, dan mereka tidak menghentikan komedo terbentuk seperti bahan-bahan yang disebutkan di atas. Tetapi mereka dapat bekerja sebagai perbaikan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *